Indonesia emas

KEMENKO PMK --  Indonesia akan mengalami usia emas pada tahun 2045. Pada saat itu, Indonesia genap berusia 100 tahun alias satu abad. Di masa itu, ditargetkan Indonesia sudah menjadi negara maju dan telah sejajar dengan negara adidaya. 

Momentum bersejarah tersebut memang masih sekitar saperempat abad lagi. Namun untuk mewujudkannya butuh persiapan yang matang sejak jauh-jauh hari. Sumber daya manusia Indonesia harus unggul, berkualitas, dan memiliki karakter. 

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan, generasi yang akan mewujudkan Indonesia Emas adalah generasi muda, khususnya yang saat ini tengah menempuh pendidikan di perguruan tinggi.

Dia menerangkan, para mahasiswa/mahasiswi dan lulusan universitas jenjang sarjana saat ini berada di kisaran usia 20 tahun. Menurutnya, pada masa Indonesia berusia 100 tahun yaitu 2045, usia mereka masih sekitar 40 tahun ke atas, yang merupakan usia puncak karir bagi profesional.

"Artinya, Indonesia Emas itu adalah milik saudara semua, bukan milik saya. Bukan milik mereka yang saat ini usianya sudah di atas 50 tahun," ujar Muhadjir saat menyampaikan sambutan pada Wisuda Ke-105 Periode III Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), di UMM Dome Malang, pada Kamis (6/10/2022).

Lebih lanjut, Muhadjir yang juga merupakan Ketua Badan Pembina Harian (BPH) UMM menyatakan bahwa para generasi muda yang saat ini tengah menempuh pendidikan di UMM merupakan penentu masa depan Indonesia di usia 100 tahun. Karena itu, dia meminta para lulusan UMM menjadi alumni yang memiliki keunggulan, memiliki kompetensi, mental pekerja keras, integritas, dan akhlakul karimah.

Menurutnya, generasi muda saat ini adalah sumber daya manusia Indonesia yang akan membawa dan menentukan kemajuan Indonesia di masa depan. Karenanya, Muhadjir berpesan agar generasi muda saat ini untuk kerja keras, kejar mimpi besar, berusaha sekuat tenaga demi diri kalian sendiri dan demi Indonesia. 

"Bagi mahasiswa lulusan sekarang yang belum berusaha keras kerja keras untuk meraih prestasi, masih ada kesempatan untuk menata dirinya kembali meningkatkan kapasitasnys sesudah dari UMM," tutur dia.

"Saya minta para mahasiswa membangun mimpi besar setelah lulus dari UMM. Ingat, lulus dari sini adalah impian kalian. Sekarang tugas kalian adalah untuk membangun impian yang lebih besar di hari esok. Saya doakan saudara-saudara berhasil membangun mimpi besar dan menjadi kenyataan besar di masa depan kalian," imbuhnya.

Muhadjir juga mengingatkan kepada para lulusan UMM untuk mewaspadai tantangan krisis global. Saat ini ada 3 krisis yang dihadapi dunja, yakni krisis energi, krisis pangan, dan krisis inflasi. Maka dari itu, dia meminta agar para generasi muda untuk bersiap dengan seluruh kemampuan dan kompetensi yang dimiliki serta peka terhadap krisis.

"Indonesia belum merasakan itu, tapi kita tidak boleh sembrono. Saya berharap lulusan UMM punya kepekaan global terhadap 3 krisis itu," ucapnya.

Dalam kesempatan itu, Menko PMK juga mengajak para wisudawan dan wisudawati UMM yang hadir untuk mendoakan para korban Tragedi Kanjuruhan. Dia juga mengungkapkan ada korban luka dan korban meninggal dunia yang merupakan mahasiswa UMM.

Muhadjir menjelaskan bahwa pemerintah akan memberikan perhatian serius atas terjadinya Tragedi Kanjuruhan. Hal itu telah terbukti dengan turun langsung Presiden RI Joko Widodo untuk menjenguk korban, memberikan santunan, dan mengecek langsung kondisi stadion. 

Menko PMK mengatakan bahwa pemerintah akan berusaha mengusut dan menngungkap insiden tersebut. Dia berharap kejadian serupa tidak akan terulang lagi di masa yang akan datang.

"Dalam kaitannya dengan Insiden kanjuruhan, Presiden sudah membentuk Tim Indrpenden Gabungan Pencari Fakta (TIGP) untuk menyelidiki mendalami mengkaji secara menyeluruh dan segamblangnya. Tidak ada yang ditutup-tutupi dan pada akhirnya siapa yang bersalah harus dihukum sesuai peraturan perundang-undangan," ujarnya. 

Cukup sekian dari saya terimakasih

Refeecbok:https://www.facebook.com/unusaofficialfb

Reig:https://instagram.com/unusa_official?igshid=NTc4MTIwNjQ2YQ==

Blog teman ; https://safaatabi20.blogspot.com/?m=1

Postingan populer dari blog ini

PROSEDUR PELAYANAN

Sosialisasi program LPKS